Mesin CNC Laser Cutting

Mesin CNC Laser Cutting adalah suatu alat yang menggunakan radiasi elektromagnetic yang berupa sinar untuk tujuan tertentu yaitu pemotongan logam dan dikontrol oleh komputer.

Mesin Laser Cutting CNC merk TECNO di pabrik
Mesin Laser Cutting CNC merk TECNO di pabrik

Pekerjaan yang umumnya dilakukan mesin laser adalah melakukan pemotongan (cutting), pengikisan permukaan (cleaning, engraving), pengelasan (welding), pengukuran (sensing), dll.

Mesin laser bisa diaplikasikan untuk pengerjaan material logam maupun non logam.

Disini saya akan membahas lebih dalam tentang mesin laser yang diaplikasikan untuk pemotongan material.

Laser untuk Cutting

Mesin CNC Laser Cutting merk TECNO di Customer
Mesin CNC Laser Cutting merk TECNO di Customer

Dalam pemotongan material sinar laser yang dihasilkan oleh laser generator akan dikirim ke laser head dan difokuskan untuk membakar material.

Untuk membantu kelancaran proses pemisahan antara material yang terbakar dan tidak terbakar digunakan gas pendorong.

Gas yang digunakan bisa gas udara biasa yang dimampatkan/compressed gas, gas Nitrogen maupun gas Oksigen.

Sayarat dan pemilihan gas ini mempunyai kriteria yang akan dibahas lebih lanjut.

Mesin CNC Laser Cutting untuk plat kombinasi dengan pipa sekaligus
Mesin CNC Laser Cutting untuk plat kombinasi dengan pipa sekaligus

Jenis Mesin Laser Cutting

Ada beberapa type mesin laser dari sumber yang digunakan yaitu YAG Laser, CO2 Laser dan Fiber Laser.

Pertama adalah yang menggunakan teknologi YAG bisa digunakan untuk metal dan non metal, tapi kekurangannya adalah pada kestabilan system ini. YAG ini menghasilkan panas yang tinggi dan susunan lensa yang cenderung bergeser, jadi semakin kesini teknologi YAG sudah ditinggalkan.

Yang Kedua adalah mesin Laser CO2, Mesin ini sesuai namanya menggunakan sumber laser gas CO2. Kelebihannya bisa sama dengan YAG bisa memotong baik logam maupun non logam. Kekurangannya adalah biaya operasional cukup tinggi, dan masih menggunakan susunan lensa yang posisinya suka bergeser.

Perlu diketahui pergeseran susunan lensa ini menimbulkan perubahan fokus yang bisa berakibat tidak optimalnya kemampuan potong.

Tipe ketiga adalah Laser Fiber yang akhir2 ini paling umum digunakan. Kelebihannya adalah dikestabilan systemnya dan biaya yang diperlukan untuk operasionalnya cukup murah (dibandingkan gas cutting, plasma maupun jenis laser lain). Kekurangannya adalah hanya khusus memotong material logam.

Perusahaan saya, PT. Tecno Mesin Indonesia menjual CNC Fiber Laser Cutting yang kami brand dengan nama perusahaan kami TECNO.

Selain type Single Open Table, kami juga menyediakan mesin CNC Laser dengan Exchange Table baik dengan cover maupun terbuka.

Exchange table disini berguna untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja dari mesin laser. Karena proses pemotongan tidak perlu menunggu proses loading maupun unloading material terlalu lama.

Pemotongan pipa atau hollow juga bisa dilakukan dengan mesin laser. Pilihannya menggunakan mesin laser yang memang khusus pipa. Atau kombinasi pemotongan plat dan pipa dalam 1 mesin dengan menggunkan pipe cutting attachment.

Tecno Laser juga mengakomodasi pemotongan material yang berasal dari coil. Hal ini sangat menguntungkan customer karena mengurangi waste dengan sangat signifikan.

Mesin CNC Laser Cutting merk TECNO single open table
Mesin CNC Laser Cutting merk TECNO single open table

Jika anda ada kebutuhan mesin laser bisa hubungi saya:

Saldy Kurniawan HP; 0819-0668-6988 atau email kurniawan.saldy@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *